Selasa, 08 Maret 2011

Sambutan Kepala Dinas Perindag

Dalam rangka mengembangkan kluster industri di Jawa Barat, maka keberadaan sentra industri kecil menengah yang potensial harus difasilitasi pemerintah daerah untuk mampu berkembang, sehingga meningkatkan daya saing produk. Kluster industri merupakan pengelompokan perusahaan industri kecil menengah sejenis dan industri terkait dalam satu kawasan yang mendorong adanya spesialisasi dan peningkatan kualitas serta mendorong invasi dan diferensiasi pasar. Salah satu produk unggulan kota Bandung dan juga Jawa Barat adalah produk alas kaki yang berasal dari Cibaduyut. Produk tersebut dihasilkan para pengrajin dalam wilayah kawasan sentra yang berkembang sejak lama turun temurun secara alami yang menghasilkan kualitas produk yang mampu bersaing dalam pasar nasional maupun internasional.
Sejarah keberadaan sentra alas kaki Cibaduyut memiliki keunikan dalam kaitan budaya yang menghasilkan karya-karya kreatif dan inovatif dari keragaman produk alas kaki yang selalu mengikuti perkembangan jaman. Kemampuan mengembangkan kluster industri dan perdagangan alas kaki yang menghasilkan produk yang tidak lekang dengan waktu, mejadikan Cibaduyut memiliki brand images sebagai sentra alas kaki unggulan di Jawa Barat. Akibatnya, lokasi sentra ini tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berasal dari dalam dan luar Jawa Barat, untuk berbelanja, berwisata dan berbisnis. Keberadaan sentra ini menjadikan ikon kota Bandung sebagai pusat sentra industri dan perdagangan alas kaki. Oleh karenanya, Disperindag Jawa Barat pada tahun 2008 menerbitkan buku profil alas kaki Cibaduyut sebagai bahan informasi bagi masyarakat umum.
Semoga dengan diterbitkannya buku Profil ini dapat memberikan informasi dan sekaligus menjadi suatu promosi dalam mengembangkan sentra alas kaki.
Harapan kami Cibaduyut ke depan dapat berkembang menjadi sentra wisata belanja yang menarik dan berkembang menjadi wisata inustri serta wisata pendidikan sebagai satu paket wisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh pelaku usaha dan masyarakat sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar